Home / Berita Kampus / Menjelang Olimpiade Nasional MIPA 2020, Jurusan Matematika Mengadakan Pembinaan Super Intensif

Menjelang Olimpiade Nasional MIPA 2020, Jurusan Matematika Mengadakan Pembinaan Super Intensif

Semarang(14/01/2020)-Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau biasa disingkat dengan ON-MIPA merupakan ajang kompetisi resmi tingkat mahasiswa yang diadakan oleh Kemendikbud-Dikti setiap tahun. Ada 4 bidang yang dilombakan ada ON-MIPA, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Acara ini termasuk bergengsi sebab peserta yang dinyatakan sebagai peraih medali emas, akan berkesempatan secara resmi mewakili Indonesia di tingkat internasional yang diadakan di Bulgaria. Acara ini dibagi 3 tahap, yaitu tahap I seleksi tingkat Kampus, kemudian seleksi regional/provinsi, selanjutnya seleksi tingkat nasional. Saat ini memasuki seleksi tahap pertama, yaitu 7 peserta yang terbaik akan mewakili kampus untuk maju ke ke tingkat provinsi awal April 2020 mendatang. Untuk itu, sebelum peserta diseleksi tingkat kampus, Jurusan Matematika mengadakan pembinaan intensif, agar peserta yang mewakili kampus nantinya benar-benar yang terbaik.“Pembinaan ON-MIPA ini sangat bagus agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik menghadapi soal-soal olimpiade. Persiapan yang baik tentu dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Harapannya pembinaan ini dapat dilaksanakan secara kontinu sehingga mahasiswa dapat memperoleh hasil maksimal di ON-MIPA” terang Ibu Emy Siswanah, M.Sc selaku Kaprodi Matematika. Menurut Ibu Dinni Oktaviani, M.Si yang merupakan salah satu pembina yang ditunjuk oleh tim Pembina Olimpiade Jurusan Matematika, “Mahasiswa yang mengikuti pembinaan kali ini sangat antusias. Namun, sebagian mahasiswa yang ikut adalah mahasiwa baru sehingga belum mengenal simbol-simbol Matematika, khususnya materi Struktur Aljabar, yang mana materi tersebut banyak istilah-istilah baru yang dianggap asing oleh mahasiswa semester baru. Tapi saya yakin mereka akan memahami apabila dibarengi dengan semangat belajar mandiri setelah pembinaan yang diadakan oleh Jurusan Matematika”.

“Persiapan seperti super intensive kali ini mutlak diperlukan untuk mahasiswa untuk mempersiapkan kompetisi-kompetisi ON MIPA atau sejenisnya. Dengan pembinaan yang intens, mahasiswa diharapkan dapat menggali kemampuannya secara maksimal dan memperdalam konsep-konsep yang telah diperoleh di perkuliahan. Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di kancah regional/nasional, namun juga lebih dari pada membekali mahasiswa untuk memiliki jiwa juang dan program yang visioner” jelas Pak Prihadi Kurniawan, M.Sc. yang juga Pembina untuk materi Aljabar Linear.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti pembinaan ON-MIPA, Ainul mengatakan : “Sangat bagus dan membantu, semoga kedepannya bias diteruskan pembinaan tidak hanya saat liburan saja. Kendala yang mungkin ada seperti beberapa materi yang tidak saya dapat, apalagi saya dari jurusan Pendidikan Matematika , jadi kadang kurang mengerti karena belum dapat materinya.”

About Admin Prodi Pendidikan Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Bencmarking UIN Walisongo Semarang dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Malang Indonesia — Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang mengadakan bencmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *