Home / Berita Kampus / KKL Virtual Prodi Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang Angkat Tema “Alternatif Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19”

KKL Virtual Prodi Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang Angkat Tema “Alternatif Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19”

Semarang, 24-09: Kuliah Kerja Lapangan(KKL) merupakan kegiatan wajib mahasiswa yang diharapkan mampu memberikan pengalaman nyata di dunia kerja. Namun, karena pandemic covid-19 yang melanda Indonesia, praktis KKL tidak bisa dijalankan seperti biasanya. Tahun ini, Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang tetap menjalankan program KKL, namun dengan cara yang berbeda. KKL Virtual yang dipilih sebagai pengganti KKL seperti tahun-tahun sebelumnya. KKL Virtual artinya mahasiswa mengikuti program KKL secara online. Mahasiswa dibimbing oleh Dosen dan diperkuat dengan adanya Webinar, guna meningkatkan kualitas produk akhir KKL.

KKL Virtual ini melibatkan dosen luar sebagai pemateri Webinar. Ibu Sayyidatul Karimah, M.Pd dipilih sebagai narasumber kali ini dengan tema “Alternatif Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19”. “Tujuannya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembuatan video pembelajaran. kKL virtual ini diikuiti oleh 101 mahasiswa pendidikan matematika dan 29 mahasiswa matematika, serta dosen pembimbing sejumlah 15 orang. Harapannya dengan KKL virtual ini, mahasiswa akan lebih kreatif dan berinovasi sebagai calon guru matematika mengingat pentingnya media pembelajaran di era daring saat ini. Saya juga mengingatkan bahwa dalam kondisi pandemi, tidak ada halangan untuk lulus cepat waktu, untuk melakukan tahapan tahapan akademik. Semua sudah ada tahapan regulasi akademik, baik rektor, dekan, seluruh dosen mendukung dan memudahkan komunikasi agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu” Ungkap Kaprodi Pendidikan Matematika Ibu Yulia Romadiastri, M.Sc.

Dalam kesempatan ini pula, Dekan FST, Bapak Dr. H. Iismail,M.Ag menyampaikan dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa: Mahasiswa pendidikan matematika diharapkan mampu berinovasi dan kreatif di era pandemi ini agar dapat melahirkan prestasi-prestasi melalui video pembelajaran yang interaktif sebagai media pembelajaran yang mendukung pembelajaran online. Serta memanfaatkan teknologi dengan software yang telah ada dan dipelajari selama kuliah misalnya memaksimalkan Ms. Power Point, Adobe Macroflash, bahkan software perekam layar. Mahasiswa pendidikan matematika adalah calon guru yang harus kreatif, inovatif dan update dengan ilmu baru.

“Kegiatan kuliah kerja lapangan merupakan agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh prodi pendidikan matematika FST UIN Walisongo semarang. Tujuan dari KKL Virtual ini adalah untuk menambah dan memperluas wawasan serta pengetahuan mahasiswa terhadap perkembangan teknologi saat ini. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, yang mana kebijakan dan panduan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah. KKL 2020 memang beda karena ada pandemi Covid 19 ditemukan secara Virtual, akan tetapi dari sini kita bisa merasakan manfaat teknologi untuk mendekatkan mahasiswa dosen dan seluruh keluarga besar Jurusan Matematika. Untuk teman-teman yang mengikuti KKL Virtual semangat untuk kedepanya, karena KKL adalah pintu awal sebelum melanjutkan kepintu PPL , KKN Sampai sidang Skripsi” pungkas Dani mahasiswa pendidikan matematika.

 

TIM HUMAS Jurusan Matematika

About Admin Prodi Pendidikan Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Mytranssexualdate overview – What Do We Realize Regarding It?

Mytranssexualdate is one of the premium sites which arrived to organization in 2012. It began …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *