Home / Umum / Jurusan Matematika Adakan Kegiatan School Of Programming (SOP)

Jurusan Matematika Adakan Kegiatan School Of Programming (SOP)

SEMARANG, Jurusan Matematika mengadakan kegiatan School Of Programming (SOP) yang diinisiasi oleh Departemen Pendidikan & Penalaran HMJ Matematika 2023 dengan tema “Improve The Quality Of Your Programming Skills With LaTex” untuk mahasiswa jurusan Matematika UIN Walisongo, Sabtu (18/03/2023).

Pelatihan tersebut diadakan dalam bentuk pemaparan dialog interaktif tentang LaTex  yang diselenggarakan di  Laboratorium Komputasi Fakultas Sains dan Teknologi, yang diikuti oleh  mahasiswa/i jurusan Matematika dari angkatan 2022 sampai angkatan 2020. Acara tersebut terbagi menjadi 2 sesi, pada sesi pertama pemateri dari pelatihan ini adalah Bapak Prihadi Kurniawan, M.Sc.. Beliau adalah Dosen UIN Walisongo Semarang yang mengajar dalam bidang-bidang matematika dan Beliau telah membuat berbagai macam karya tulis dengan menggunakan LaTex sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya. Untuk sesi kedua pematerinya adalah Ibu Any Muanalifah, Ph.D.. Beliau juga telah membuat berbagai macam karya tulis menggunakan LaTex, terutama karya tulis ilmiah matematika.

Dalam pelatihan ini disampaikan tentang dasar-dasar penulisan menggunakan LaTex dan pentingnya untuk menguasai LaTex. Dalam beberapa penulisan artikel ilmiah seperti jurnal internasional, LaTeX digunakan dalam penulisan artikelnya. Lebih umum lagi, LaTeX sangat berguna dalam penulisan artikel-artikel ilmiah terutama di bidang matematika, karena berbagai formula dan grafik dapat degenerate dengan mudah menggunakan LaTeX.

“Jelas LaTeX memfasilitasi orang-orang sains untuk menyajikan tulisan ilmiah yang baik, harapannya dengan adanya agenda ini mahasiswa punya alternatif penulisan dokumen lain selain Ms. Word” Tutur  Bapak Prihadi Kurniawan saat ditemui di akhir acara.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keahlian untuk mahasiswa matematika UIN Walisongo dalam penulisan artikel menggunakan LaTeX, sehingga dapat menjadi bekal dan tambahan semangat untuk mendorong penulisan artikel ilmiah maupun skripsi.

About Admin Prodi Pendidikan Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Tingkatkan Mutu Akademik, Fakultas Sains dan Teknologi Laksanakan Benchmarking Ke Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta

Semarang Indonesia – Dalam rangka meningkatkan mutu akademik Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, mengadakan bencmarking ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *