Home / Umum / KULIAH KERJA LAPANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA 2017

KULIAH KERJA LAPANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA 2017

 

Senin, 22 Juli 2019. Himpunan mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2017 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang bertempat di Departemen Matematika FMKSD Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kegiatan KKL yang menjadi agenda rutin program studi Pendidikan Matematika ini, merupakan ajang peningkatan wawasan dan kemampuan mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap penerapan disiplin ilmu yang ditekuni di perkuliahan melalui observasi dan kunjungan ke instansi di luar kampus.

Kegiatan KKL ini diikuti oleh 96 mahasiswa/i beserta 6 dosen dan karyawan Pendidikan Matematika. Kepala departemen matematika ITS, Bapak Dr. Imam Mukhlas, S.Si., MT., menyambut hangat kunjungan ini. Beliau pun turut membuka acara dan memberi materi tentang aplikasi matematika terkait pemodelan dan simulasi sistem, serta menampilkan beberapa video penerapan ilmu matematika hasil penelitian departemen tersebut. Selain itu, kunjungan ini juga mendapat sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Ario Fajar Pratama, beberapa pengalaman dan wawasan tentang pembelajaran matematika di ITS juga sempat diimbuhkannya.

Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di Departemen tersebut. Diantaranya yaitu laboratorium komputasi, laboratorium ilmu komputer, laboratorium analisis aljabar dan pembelajaran matematika. Di dalamnya, mahasiswa disuguhi presentasi terkait fungsi dan apa saja yang dipelajari di laboratorium tersebut. Misalnya tentang pengembangan model penyebaran dan simulasi yang berorientasi pada obyek, analisis pengembangan algoritma dan metode Pengolahan Citra Digital, menemukan teori baru di bidang Aljabar dan lain sebagainya.

Adanya Kegiatan KKL tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di luar kelas sesuai dengan disiplin ilmu matematika. Serta dapat meningkatkan wawasan mahasiswa terkait penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari di bangku kuliah pada dunia kerja. Sehingga kedepannya Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang bisa mengidentifikasi berbagai persoalan, tantangan dan menciptakan relevansi bidang ilmu yang dipelajari terhadap perkembangan dunia nyata dan kebutuhan masyarakat. Terciptanya relasi dengan instansi yang dikunjungi, yaitu Departemen matematika FMKSD ITS juga menjadi poin plus kegiatan tersebut.

About Admin Prodi Pendidikan Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Bencmarking UIN Walisongo Semarang dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Malang Indonesia — Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang mengadakan bencmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *