Home / Umum / HMJ Matematika UIN Walisongo Sukses Menyelenggarakan COMMATH VII Se-Jawa Tengah dan DIY

HMJ Matematika UIN Walisongo Sukses Menyelenggarakan COMMATH VII Se-Jawa Tengah dan DIY

Semarang – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika UIN Walisongo Semarang sukses menggelar Semi Final dan Final COMMATH VII (Competition Of Mathematics) se- Jawa Tengah dan DIY pada Senin, 19 Agustus 2019.

COMMATH VII yang merupakan olimpiade tingkat SMAsederajat yang selalu diadakan oleh HMJ Matematika setiap tahunnya. Tahun ini ada yang lebih istimewa dari COMMATHVII yaitu untuk pertama kalinya dibuka juga untuk tingkat SMP sederajat.

Sebelum mencapai semi final dan final, babak penyisihan telah diadakan di beberapa rayon seluruh Jawa Tengah dan DIY. Terbagi menjadi 6 rayon yaitu Rayon 1 di UIN Walisongo Semarang, Rayon 2 di MAN Pekalongan, Rayon 3di IAIN Purwokerto, Rayon 4 di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta, Rayon 5 di Universitas Sebelas Maret, dan Rayon 6 di Universitas Muria Kudus.

Keseluran peserta dari seluruh rayon adalah 148 peserta yang kemudian menyusut melalui babak penyisihan.Sedangkan yang lolos dari babak penyisihan adalah 70 peserta, yang terdiri dari 35 siswa SMA dan 35 siswa SMP se Jawa Tengah dan DIY. Selanjutnya ke 70 peserta tersebutmasuk babak semi final dan final yang dilaksanakan di Audit 1 Kampus 1 UIN Walisongo.

Acara semifinal dan final dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Dekan Fakultas yang diwakili oleh Bapak Dr. H. Ismail, M.Ag. Susunan acaranya adalah pembukaan, pembacaan ayat suci Al quran, menyanyikan lagu indonesia raya, sambutan sambutan, doa dan penutup.

“ Saya berterimakasih kepada seluruh peserta, panitia, dan bapak ibu dosen yang turut berpastisipasi dan memeberikan banyak dukungan untuk menyukseskan acara COMMATH VII. Sehingga sampai juga pada acara puncak hari ini, yaitu final dan semi final COMMATH VII. Semoga kedepannya kami bisa lebih baik lagi.” ujar Muhammad Hilmi Al Faruqi selaku ketua panitia COMMATH VII dalam sambutannya.

Selepas pembukaan semifinal dan final COMMATH VII babak semifinal pun dilaksanakan pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB dan menyisakan 12 peserta. Selanjutnya peserta yang lolos mengikuti babak final pada pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Babak final dilaksanakan dengan sistem semacam cerdas cermat. Setiap peserta diberi 5 soal wajib dan disediakan 10 soal rebutan. Babak final berjalan dengan kondusif dan menghasilkan pemenang yang langsung di umumkan selesai acara.Pemenang babak final terbagi menjadi juara 1, 2 dan 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3 di masing masing tingkat.

Tingkat SMP sederajat Juara 1 diraih Angel Kumaladita (SMP Negeri 1 Juwana), juara 2 diraih Muhammad Hanif (MTs Abadiyah), juara 3 diraih Dzaky Aulia Fadhil (SMP Muhammadiyah Surakarta), juara harapan 1 diraih Ahmad Boutor Fathir (SMPUT Bumi Kartini), juara harapan 2 diraih Muhammad Widya Tri Atmaja (SMP Negeri1 Juwana), dan juara harapan 3 diraih Rasyif Aulia Mahmud (MTs Negeri 1 Kudus).

Sedangkan tingkat SMA sederajat juara 1 diraih Muhammad Faiq Fauzi (SMA Semesta Semarang), juara 2 diraih Hazna Yulia Widiazhari (SMA Semesta Semarang), juara 3 diraih Steven Christopher Handoko (SMA Semesta Semarang), juara harapan 1 dirah Fajar Arif Shodiqin (SMA Semesta Semarang), juara harapan 2 diraih Reza oktavian Rahman (SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta), dan juara harapan 3 diraih Duta Tama Roselika Taufiq Hadihardayah (SMA Negeri 4 Semarang).

About Admin Prodi Pendidikan Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Bencmarking UIN Walisongo Semarang dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Malang Indonesia — Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang mengadakan bencmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *